TUGAS
ONLINE INDIVIDU
“RENCANA PRODUKSI”
Disusun oleh:
FAKULTAS ILMU KESEHATAN
UNIVERSITAS ESA UNGGUL
JAKARTA
2015
1. Rencana Produki
Produk yang akan
dijual dalam usaha ini adalah pulsa electrik nominal mulai dari 1.000 hingga
100.000 dari berbagai operator seluler di Indonesia seperti: XL, ESIA,
SMARTFREN, INDOSAT, STARONE, FLEXI, TELKOMSEL, AXIS, CERIA, DAN THREE.
2. Waktu Pelaksanaan
Pelayanan kepada
konsumen dapat dilakukan setiap hari mulai dari pukul 06.00 – 21.30 WIB, tetapi
pemesanan pulsa sebelum/sesudah jam layanan akan dilayani walaupun tidak
secepat jam pelayanan konsumen.
3. Peralatan Usaha
Dalam usaha pulsa
elektrik ini peralatan yang dibutuhkan untuk operasional adalah sebagai
berikut:
a. Telepon
Genggam/HP
b. Buku
c. Alat
Tulis
4. Proses Penyediaan Produk
Pengadaan produk dalam
hal ini bekerjasama dengan penyedia deposit pulsa (pemasok) yaitu “Dunia
Voucher”. Kemudian pemasok akan memberikan ID kepada pengusaha. Pada saat pengadaan
produk, pengusaha akan mendepositkan sejumlah uang kemudian pemasok akan
mengirimkan deposit pulsa ke ID pengusaha.
Pendepositan pulsa
dilakukan setiap 3 hari sekali ( 10 kali dalam Sebulan) agar dalam melayani
penjualan pulsa dapat dilakukan secara maksimal. Dan jika jumlah penjualan
setiap bulan meningkat maka pendepositan pulsa jumlahnya akan ditambah.
ASPEK PEMASARAN :
1. Segmen Pasar
Konsumen yang dituju
adalah masyarakat yang menggunakan telepon genggam. Daerah
pemasarannya adalah daerah sekitar tempat usaha.
2. Strategi
Pemasaran
Cara penjualan yang
dilayani adalah dengan cara penjualan langsung dan secara pesanan. Penjualan
langsung dilakukan dengan cara pembeli datang langsung kepada pengusaha.
Sedangkan penjualan secara pesanan yaitu dengan cara pembeli cukup memesan
pulsa melalui sms sehingga pembeli tidak perlu datang menemui pengusaha. Cara
ini memudahkan konsumen dalam membeli pulsa jika tidak dimungkinkan untuk
menemui pengusaha. Namun cara pesanan ini hanya berlaku bagi
konsumen yang berlangganan dan sudah diketahui identitasnya secara jelas.
3. Promosi
Promosi yang dilakukan
dengan cara promosi dari mulut ke mulut dan melakukan promosi langsung kepada
konsumen.
4. Penetapan Harga
Untuk menetapkan harga, diperlukan
beberapa aspek yang digunakan sebagai dasar dalam menetapkan harga antara lain:
a. Aspek
Pesaing
Cara menetapkan harga
berdasarkan aspek ini adalah dengan melakukan penelitian harga yang digunakan
oleh pesaing. Agar produk yang dijual dapat laku maka harga dibuat lebih murah
atau sebanding dengan harga pesaing/harga pasaran.
b. Aspek
Harga Pokok
Pengusaha menentukan
harga pokok produk berdasarkan harga produk tersebut dari pemasok.
c. Aspek
Biaya
Selain aspek – aspek
yang telah disebutkan diatas, perlu diperhatikan tentang aspek biaya. Hal ini
sangat penting karena biaya juga merupakan pengeluaran yang perlu diperhatikan
untuk menentukan harga pokok dan laba/rugi suatu usaha.
5. Tanah
12M .
Bangunan : 3x3 M
Tata letak bangunan
berbentuk segi empat menghadap jalan raya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar