Rabu, 09 Desember 2015

TUGAS ONLINE 4 KEWIRAUSAHAAN (RENCANA PRODUKSI)


                                                    TUGAS ONLINE INDIVIDU
“RENCANA PRODUKSI”

  

Disusun oleh:
 NIA AMELIA (2014-36-022)






FAKULTAS ILMU KESEHATAN
UNIVERSITAS ESA UNGGUL
JAKARTA
2015




1.        Rencana Produki


Produk yang akan dijual dalam usaha ini adalah pulsa electrik nominal mulai dari 1.000 hingga 100.000 dari berbagai operator seluler di Indonesia seperti: XL, ESIA, SMARTFREN, INDOSAT, STARONE, FLEXI, TELKOMSEL, AXIS, CERIA, DAN THREE.

2.    Waktu Pelaksanaan

Pelayanan kepada konsumen dapat dilakukan setiap hari mulai dari pukul 06.00 – 21.30 WIB, tetapi pemesanan pulsa sebelum/sesudah jam layanan akan dilayani walaupun tidak secepat jam pelayanan konsumen.

3.    Peralatan Usaha

Dalam usaha pulsa elektrik ini peralatan yang dibutuhkan untuk operasional adalah sebagai berikut:
a.    Telepon Genggam/HP
b.    Buku
c.    Alat Tulis

4.    Proses Penyediaan Produk

Pengadaan produk dalam hal ini bekerjasama dengan penyedia deposit pulsa (pemasok) yaitu “Dunia Voucher”. Kemudian pemasok akan memberikan ID kepada pengusaha. Pada saat pengadaan produk, pengusaha akan mendepositkan sejumlah uang kemudian pemasok akan mengirimkan deposit pulsa ke ID pengusaha.
Pendepositan pulsa dilakukan setiap 3 hari sekali ( 10 kali dalam Sebulan) agar dalam melayani penjualan pulsa dapat dilakukan secara maksimal. Dan jika jumlah penjualan setiap bulan meningkat maka pendepositan pulsa jumlahnya akan ditambah.

       ASPEK PEMASARAN :

      1.    Segmen Pasar
Konsumen yang dituju adalah masyarakat yang menggunakan  telepon genggam. Daerah pemasarannya adalah daerah sekitar tempat usaha.

      2.    Strategi Pemasaran
Cara penjualan yang dilayani adalah dengan cara penjualan langsung dan secara pesanan. Penjualan langsung dilakukan dengan cara pembeli datang langsung kepada pengusaha. Sedangkan penjualan secara pesanan yaitu dengan cara pembeli cukup memesan pulsa melalui sms sehingga pembeli tidak perlu datang menemui pengusaha. Cara ini memudahkan konsumen dalam membeli pulsa jika tidak dimungkinkan untuk menemui pengusaha. Namun cara pesanan ini hanya  berlaku bagi konsumen yang berlangganan dan sudah diketahui identitasnya secara jelas.



3.    Promosi

Promosi yang dilakukan dengan cara promosi dari mulut ke mulut dan melakukan promosi langsung kepada konsumen.

4.    Penetapan Harga

     Untuk menetapkan harga, diperlukan beberapa aspek yang digunakan sebagai dasar dalam menetapkan harga antara lain:
a.    Aspek Pesaing
Cara menetapkan harga berdasarkan aspek ini adalah dengan melakukan penelitian harga yang digunakan oleh pesaing. Agar produk yang dijual dapat laku maka harga dibuat lebih murah atau sebanding dengan harga pesaing/harga pasaran.

b.    Aspek Harga Pokok
Pengusaha menentukan harga pokok produk berdasarkan harga produk tersebut dari pemasok.

c.    Aspek Biaya
Selain aspek – aspek yang telah disebutkan diatas, perlu diperhatikan tentang aspek biaya. Hal ini sangat penting karena biaya juga merupakan pengeluaran yang perlu diperhatikan untuk menentukan harga pokok dan laba/rugi suatu usaha.


5.         Tanah

12M .
Bangunan        : 3x3 M
Tata letak bangunan berbentuk segi empat menghadap jalan raya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar